RPP Matematika SMP

RPP Matematika SMP berikut ini kami sajikan dalam bentuk contoh RPP Matematika SMP Kelas 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah            :

Mata Pelajaran           :     Matematika

Kelas                         :     VIII (Delapan)

Semester                   :     1 (Satu)

 

 

Standar Kompetensi                  :  2.      Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi Dasar                        :     2.1.                   Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.

 

Indikator                                    :  1.      Menyebutkan perbedaan persamaan linear dua  variabel  (PLDV) dan sistem persamaan linear dua  variabel (SPLDV).

                                                      2.      Menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV berturut-turut dengan metode grafik, substitusi, dan eliminasi.

Alokasi Waktu                           :  6 jam pelajaran (3 pertemuan).

 

A.     Tujuan Pembelajaran

 

a.   Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan persamaan linear dua  variabel  (PLDV) dan sistem persamaan linear dua  variabel (SPLDV).

b.   Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV berturut-turut dengan metode grafik, substitusi, dan eliminasi.

 

B.     Materi Ajar

        

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, yaitu mengenai:

a.            Mengingat persamaan linear satu variabel (PLSV).

b.   Mengenal persamaan linear dua variabel (PLDV)

c.   Menentukan himpunan penyelesaian persamaan linear dua variabel dan menggambar grafik.

d.      Mengenal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

e.      Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

C.     Metode Pembelajaran

 

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan

 

  • Pertemuan Pertama, Kedua, dan Ketiga

Pendahuluan        :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.

-  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti:

a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai perbedaan persamaan linear dua  variabel  (PLDV) dan sistem persamaan linear dua  variabel (SPLDV), serta cara menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV berturut-turut dengan metode grafik, substitusi, dan eliminasi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 1, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 98-99 mengenai mengingat persamaan linear satu variabel (PLSV), hal. 99-100 mengenai mengenal persamaan linear dua variabel (PLDV), hal. 101-104 mengenai menentukan himpunan penyelesaian persamaan linear dua variabel dan menggambar grafik, hal. 104-105 mengenai mengenal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), hal. 105-112 mengenai menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)).

b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai perbedaan persamaan linear dua  variabel  (PLDV) dan sistem persamaan linear dua  variabel (SPLDV), serta cara menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV berturut-turut dengan metode grafik, substitusi, dan eliminasi.

c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 102-103 mengenai cara menggambar grafik dari himpunan penyelesaian PLDV, hal. 108 mengenai cara menentukan penyelesaian dari SPLDV dengan metode substitusi, hal. 110 mengenai cara menentukan penyelesaian dari SPLDV dengan metode eliminasi, dan hal. 111 mengenai cara menentukan penyelesaian dari SPLDV dengan penggabungan metode eliminasi dan substitusi.

d.   Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 98 mengenai penentuan penyelesaian dari PLSV, hal. 100 mengenai pemberian contoh PLDV, hal. 103 mengenai penentuan himpunan penyelesaian dari PLDV dan penggambaran grafiknya, hal. 105 mengenai mengenal perbedaan antara PLDV dan SPLDV dan pemberian contoh dari SPLDV, hal. 106 mengenai penentuan penyelesaian dari SPLDV dengan metode grafik, hal. 108 mengenai penentuan penyelesaian dari SPLDV dengan metode substitusi, hal. 111 mengenai penentuan penyelesaian dari SPLDV dengan metode eliminasi.

e.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 99-100 mengenai contoh masalah yang dinyatakan dengan PLDV, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.

f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 98-99 mengenai penentuan penyelesaian dari PLSV, hal. 100 mengenai penentuan penyelesaian dari PLDV, hal. 103-104 mengenai penentuan himpunan penyelesaian dari PLDV beserta penggambaran grafik himpunan penyelesaiannya, hal. 106-107 mengenai penentuan penyelesaian dari SPLDV dengan metode grafik, hal. 109 mengenai penentuan penyelesaian dari SPLDV dengan metode substitusi, dan hal. 112 mengenai penentuan penyelesaian dari SPLDV dengan metode eliminasi, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

g.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 108 dan 111.

Penutup

a.   Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.

b.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 98-100, 103-104, 106-107, 109, 112 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

 

E.      Alat dan Sumber Belajar

 

Sumber :

-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 1, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 97-112.

-        Buku referensi lain.

Alat :

-                Laptop

-                LCD

-                OHP

 

               F.      Penilaian     

Teknik                    : tugas individu, kuis.

Bentuk Instrumen    : uraian singkat, pilihan ganda.

Contoh Instrumen    :

 

1.      Apa perbedaan antara persamaan linear dua variabel (PLDV) dengan sistem persamaan linear dua variabel.(SPLDV)?

 

2.    Tentukan penyelesaian SPLDV berikut ini

 

Artikel Ini Dicari dengan Kata Kunci:

CONTOH SOAL spldv DAN PENYELESAIANNYA contoh soal substitusi rpp spldv rpp matematika smp kelas viii semester 1 contoh soal metode substitusi

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: Microsoft Project Server
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:close